Rabu, 16 Juli 2014

Mahasiswa



Who am I??

Catatan Seorang Demonstran, Orang-orang di persimpangan kiri jalan: kisah pemberontakan Madiun September 1948 ini salah satu karya aktivis Indonesia dan Mahasiswa UI jurusan sastra yakni Soe Hok Gie. Dia adalah seorang pemuda yang enggan terkooptasi oleh penguasa dan tidak takut untuk melancarkan kritik, bahkan kepada rekan-rekannya semasa perjuangan meruntuhkan Orde Lama. Dia adalah seorang yang memilih menjadi “pohon oak” yang berdiri tegak melawan angin, ketimbang menjadi “pohon bambu” yang mudah ikut arus. Dia adalah seorang pemuda yang tetap teguh pada perjuangan melawan ketidakadilan hingga akhir hayatnya.

‘Masih terlalu banyak mahasiswa yang bermental sok kuasa. Merintih kalau ditekan, tetapi menindas kalau berkuasa. Mementingkan golongan, ormas, teman seideologi dan lain-lain. Setiap tahun datang adik-adik saya dari sekolah menengah. Mereka akan jadi korban-korban baru untuk ditipu oleh tokoh-tokoh mahasiswa semacam tadi.’ ~Soe Hok Gie~

Sepenggal kisah dan quote dari Soe Hok Gie seharusnya sangat memacu kita para mahasiswa saat ini untuk terus berkarya lebih luar biasa untuk Indonesia lebih baik minimal untuk almamater kita saat ini. Kondisi mahasiwa sekarang ini lebih mementingkan posisi jabatannya di daerah kampus, seperti memperebutkan kursi Presma, DPM,  ketua BEMF, dan siapa yang akan dicalonkan? Lalu harus berkoalisi dengan mana? Tetapi berkarya, mengupgrade kemampuan, dan pengabdian kepada masyarakat mulai diabaikan. Apalagi dengan kemajuan teknologi saat ini semakin menurunkan semangat kaum intelektual muda untuk aktif berkontribusi kegiatan di kampus. Berhati-hatilah terhadap kemajuan teknologi, lama-lama kita pasti akan diperbudak kecanggihannya.Terlebih supaya lagu “Bangun Pemudi Pemuda” Bangun pemudi pemuda Indonesia Tangan bajumu singsingkan untuk negara Masa yang akan datang kewajibanmu lah Menjadi tanggunganmu terhadap nusa Menjadi tanggunganmu terhadap nusa. Sudi tetap berusaha jujur dan ikhlas Tak usah banyak bicara trus kerja keras Hati teguh dan lurus pikir tetap jernih Bertingkah laku halus hai putra negri Bertingkah laku halus hai putra negri. Tidak hanya menjadi sebuah lagu tapi betul-betul di implementasikan. Tanamkan dalam pikiran anda.. INDONESIA MEMBUTUHKAN ANDA DAN MULAILAH DARI HAL YANG SEDERHANA UNTUK KEMAJUAN DISEKITAR ANDA!! Ayo mulai berkarya dan berbuat nyata dari sekarang saat anda selesai membaca artikel ini.

Jika anda bukan orang yang pandai membuat konsep/ide maka mulailah dengan bergabung ke UKM/organisasi/komunitas yang mempunyai visi dan misi sejalan dengan anda, kalau anda memilih tidak sesuai kemauan anda maka percuma. Anda disana kemungkin­­an besar hanya ½ hati. Jika sudah bergabung mulailah untuk aktif terlibat di kegiatan yang diada disana. Tahap berikutnya mulai membuat ide kegiatan untuk UKM/organisasi/komunitas yang anda ikuti. Tahap selanjutnya pasti anda mulai dipercaya dan diberi tanggung jawab untuk menjadi panitia. Dan jika anda merasa jenuh/sudah menyerap seluruh ilmu maka mulailah ‘lirik’ kegiatan/aktivitas lain yang lebih menantang. Kalau anda sudah punya banyak bekal mulai berkarya dengan hobi anda. Banyak contoh: hobi menulis -> tulislah tulisan yang bisa menginspirasi dan saluran ke media agar tulisan itu tidak berhenti di anda. Hobi bermain catur -> ikuti lomba dan kejuaran catur, hobi berenang -> ikut club dan lomba/kejuaraan, atau anda yang senang melakukan kegitan sosial cari lembaga yang bisa menaungi anda. Prinsipnya jangan duduk diam dikost/dirumah/terlalu sering nongkrong yang nggak penting!!


 Kritik & Saran: dpmfh.unmer@gmail.com
Follow: https://twitter.com/DPMFHUnmer 
Add FB: https://www.facebook.com/dpmfakultas.hukumunmer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar